Hubungan Antara Sikap Dan Prestasi Belajar.
Semangat Berjuang untuk Anak-anak SD yang ikut serta dalam PPDB 2014 SMP N 1 Kayuagung. PPDB 2014/2015 Telah dibuka, bagi siswa Sekolah Dasar yang ingin mendaftar dapat membaca Persyaratan yang ada. Manajemen Persepsi dalaha Kombinasi dari cara anda Berprilaku dan Berpenampilan. Ada argumen tentang betapa cepatnya orang saling menilai ketika mereka pertama kali bertemu. JANJI KONSELOR : Saya ............ dengan ini menyatakan bahwa saya sanggup dan bersedia menerima, menyimpan, memelihara, menjaga, dan merahasiakan segala data dan atau keterangan lainnya yang saya terima baik dari klien saya atau dari siapa pun juga, yaitu data dan atau keterangan yang tidak boleh dan tidak layak diketahui orang lain. Percaya diri, berani, serta mampu berpikir tenang dan jernih ketika berbicara dihadapan sebuah kelompok sama sekali tidak sesulit yang dibayangkan kebanyakan orang
Share This Article :

Prestasi belajar terdiri dari dua kata yaitu prestasi dan belajar. Prestasi menurut Poerwodarminto ( 1984 : 768 ) adalah hasil yang dicapai atau dilakukan, dikerjakan. Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku sebagai akibat pengalaman yang diperoleh ( Soemandi, 1975 : 281 ).
Menurut pengertian diatas penulis dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa pengertian prestasi adalah hasil yang telah dicapai dalam usaha agar mendapatkan kepandaian atau hasil yang telah dicapai manusia melalui proses dalam diri manusia.
Telah diketahui bahwa prestasi belajar adalah hasil yang dicapai siswa dalam belajarnya. Namun prestasi ini banyak dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor yang pada garis besarnya dapat dibagi menjadi dua kelompok :

Faktor Internal.
Faktor intern yang perlu diperhatikan dari pribadi individu itu sendiri. Faktor-faktor itu antara lain :

Intelegensi.
Intelegensi tiap-tiap orang berbeda-beda, karena itu hasil prestasi belajar seseorang yang tak sama. Sebagaimana diuraikan oleh Utoyo ( 1979 : 26 ) sebagai berikut ;

  1. Intelegensi adalah suatu kemampuan untuk mengadakan penyesuaian yang lebih baik terhadap situasi yang baru dari pengalaman yang lalu.
  2. Intelegensi adalah kemampuan untuk berfikir secara abstrak.

Dari uraian diatas maka pengertian intelegensi adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menghadapai suatu masalah yang timbul dari manusia dan berusaha bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut.

Percaya Terhadap Diri Sendiri.
Percaya terhadap diri sendiri hendaknya didasarkan pada apa yang dipersiapkan dengan matang sebelumnya. Seorang peserta didik dan yakin akan kemampuan untuk memperoleh prestasi yang baik dalam usaha belajarnya.
Sumantri Martodipuro, 1980 : 93 yang menyatakan bahwa tiap pekerjaan yang kita lakukan tidak akan berhasil dengan gemilang jika kita tidak percaya pada diri sendiri.

Faktor Eksternal.

  1. Lingkungan.
    Yang dimaksud lingkungan adalah semua kondisi dalam lingkungan di sekeliling siswa yang dengan cara-cara tertentu dapat mempengaruhi tingkah laku, pertumbuhan dan perkembangan kita.
    Dengan demikian peranan lingkungan dalam diri siswa perlu adanya kontrol bagaimana pengaruh dan akibatnya terhadap kemajuan prestasi yang didapat siswa. Apabila bersifat positif bisa ditanggapi akan tetapi apabila bersifat negatif harus dihindarkan.
  2. Tingkat Pendidikan Orang Tua.
    Peranan orang tua sangatlah penting dalam pendidikan anaknya.
    Dengan demikian peranan keluarga sangat berpengaruh terhadap proses pendidikan.
    Oleh karena itu sejak timbulnya adat kemanusiaan hingga kini keluarga selalu mempengaruhi pertumbuhan budi pekerti tiap-tiap manusia. ( Suwarna, 1985 : 67 ).
    Dengan demikian jelaslah bahwa pendidikan berperan mengarahkan hidup manusia yang lebih baik dan kemungkinan besar dapat mempengaruhi pendidikan anaknya.
  3. Pergaulan.
    Sebagai mahluk sosial tidak lepas dari manusia yang satu dengan manusia yang lain. Oleh karenanya seorang siswa memiliki teman dalam bergaul yang berperan dalam diri siswa yang berkaitan dengan belajar.
    Jika bergaul dengan seorang berpendidikan dapat menunjang suatu prestasi yang baik, tetapi sebaliknya jika bergaul dengan orang yang tidak berpendidikan mengakibatkan pengaruh yang kurang baik dalam pelajarannya.
  4. Sarana Belajar.
    Sarana belajar merupakan peranan yang penting terhadap kemajuan belajar seorang siswa.
    Dengan adanya kelengkapan belajar tersebut dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar yang akan dicapai siswa.

 





1 Responses for This Thread



Mr Mendem | 13 Agustus 2014 - 13:59:26 WIB
salam kenal untuk semuanya, terutama mas admin.

_ _ _ _ _
artikel jasa seo http://goo.gl/d93LBU .
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>


Form Isian Komentar :


Nama
Website
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

LOGIN SISWA



Agenda SMPN1Kag
  • Pengumuman Hasil Test PPDB 2014 SMP N 1 Kayuagung

    Hasil test PPDB 2014 SMP n 1 Kayuagung akan di umumkan lewat Website Resmi SMP Negeri 1 Kayuagung. Harap kunjungi Website untuk melihat Pengumuman dan tidak perlu datang ke SMP N 1 Kayuagung pada

    26 April 2014

  • Test Wawancara PPDB

    Test Wawancara

    24 April 2014

  • Test Tertulis PPDB SMP N 1 Kayuagung

    Tes tertulis Penerimaan Peserta DIdik Baru SMP Negeri 1

    24 April 2014

  • lihat agenda lainya

    Banner